Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif Memperkuat Kesiapan Guru MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga Menghadapi Era Digital

Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif Memperkuat Kesiapan Guru MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga Menghadapi Era Digital

Purbalingga, 21 Desember 2023 – Sebagai langkah progresif dalam mendukung digitalisasi pendidikan, MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga menyelenggarakan pelatihan intensif pembuatan E-Modul Interaktif. Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 18 hingga 20 Desember 2023, dihadiri oleh semua guru dari institusi tersebut. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan para pendidik dalam menyongsong tahun ajaran 2024/2025 dengan kemampuan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran digital saat ini menjadi fokus utama dalam pengembangan pendidikan. Dalam rangka memanfaatkan teknologi secara optimal, MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga mengadakan pelatihan khusus bagi guru-guru mereka. Kehadiran teknologi dalam pembelajaran telah menjadi suatu keharusan, terutama dengan peningkatan penggunaan E-Modul Interaktif yang dirancang untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, dinamis, dan berdaya saing.
Bapak Siswogo, Kepala MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga, menyampaikan, “Kami yakin bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan merupakan langkah penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Pelatihan ini diharapkan dapat membekali para guru dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan E-Modul Interaktif yang menarik dan berdaya saing.”

Baca Juga:  Moment Hari Ibu: Pembagian Raport dan Simbol Sentuhan Kasih Anak

Para peserta pelatihan belajar bagaimana membuat E-Modul Interaktif yang dapat dioptimalkan dalam proses pembelajaran. Mereka diberikan panduan praktis tentang bagaimana menyusun konten yang menarik, menggunakan multimedia, dan memanfaatkan fitur interaktif guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Salah satu keunggulan yang disorot dari penggunaan E-Modul adalah kemampuannya untuk mengurangi penggunaan kertas secara signifikan. Ibu Marhamah, salah seorang peserta, mengungkapkan, “Dengan adanya e-modul, kita dapat mengurangi penggunaan kertas dalam pembelajaran sehingga lebih ramah lingkungan. Ini juga memungkinkan siswa untuk belajar mandiri kapan saja dan di mana saja.”

Baca Juga:  Menulis Menjadikan Dunia Melihat Kita

Menanggapi pelatihan ini, salah seorang peserta, Ibu Pawitra, mengungkapkan antusiasmenya, “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Kemampuan untuk membuat e-modul interaktif akan memberikan warna baru dalam proses pengajaran saya. Saya yakin ini akan meningkatkan minat belajar siswa di kelas.”

E-Modul Interaktif tidak hanya memfasilitasi penyampaian materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik, tetapi juga mendukung konsep pembelajaran berkelanjutan di era digital. Dengan penggunaan yang bijaksana, e-modul dapat menjadi alat yang efektif bagi guru dalam merancang pengalaman belajar yang beragam dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan siswa.

Baca Juga:  Kebersiahan itu Indah dan Menyenangkan

Melalui pelatihan ini, MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga membuktikan komitmennya dalam mempersiapkan para pendidik untuk menjawab tuntutan zaman dengan penguasaan teknologi yang handal. Diharapkan bahwa implementasi E-Modul Interaktif akan membawa dampak positif dalam pembelajaran dan menjadi langkah awal menuju transformasi pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Demi menghasilkan generasi yang terampil dalam memanfaatkan teknologi, langkah-langkah inovatif semacam ini menjadi kunci dalam menghadapi tantangan masa depan pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *