Kebersiahan itu Indah dan Menyenangkan

kebersiahan itu indah dan menyenangkan

Kebersiahan itu Indah dan Menyenangkan di PPMTQ Darul Huffadz SMP Mudabangga Bobotsari

Di sebuah pondok pesantren bernama Darul Huffadz, kebersihan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sejak pagi hingga senja, suasananya penuh dengan semangat membersihkan dan merapikan lingkungan.

Pagi itu, sebelum matahari menyapa, suara ayam berkokok bersahut-sahutan dengan langkah ringan para santriwan santriwati yang sudah bersiap membawa ember dan sapu. Mereka bergerak ke sekitar pondok, membersihkan halaman, memungut sampah, dan menyapu daun kering yang turun semalam.

Di sisi lain, disekitar kelas, terlihat kerapihan yang tak tertandingi. Setiap buku teratur di rak, papan tulis bersih tanpa coretan, dan lantai yang mengilap menunjukkan kepedulian dalam merawat ruang belajar. Gurunya, Ustadz Dede, selalu mengajarkan pentingnya kebersihan, baik fisik maupun batin, dalam agama dan kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Menulis Menjadikan Dunia Melihat Kita

Sementara itu, di lingkungan pesantren saat ini ditanami bunga-bunga dengan pot yang tertempel didinding -dinding, terlihat indah dipandang menjadi tempat yang sejuk di pandang para santri. Di sana, bunga-bunga mekar indah, diberi perhatian khusus oleh santri putra. Mereka rajin menyiram, membersihkan pot, dan menjaga keindahan tanaman sebagai wujud penghormatan kepada lingkungan.

Dan para santri menata sepatu sendal yang tidak terpakai dirak dengan rapi, serta menata bangku-bangku yang berantakan, menjadi rapi dan teratur, sungguh pembelajaran dan pembiasaan yang menjadi ciri khas di Pondok SMP Mudabangga Bobotsari ini.

Baca Juga:  Studi Tiru Kepala Sekolah dan Madrasah Muhammadiyah Kabupaten Tegal di MTs Mutulingga

Tidak hanya itu, kebersihan juga tercermin dari perilaku para santri. Mereka membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan pribadi, dan memahami bahwa membersihkan lingkungan adalah bagian dari ibadah yang harus dilakukan dengan ikhlas.

Setiap hari, di tengah-tengah rutinitas pembelajaran, ada waktu khusus yang diperuntukkan untuk membersihkan lingkungan. Mereka melakukannya bukan hanya karena tugas, tetapi karena keyakinan bahwa kebersihan adalah wujud dari keindahan dan ketaatan kepada ajaran agama.

Akibat dari kebersihan ini, suasana di pondok pesantren Darul Huffadz sungguh menyenangkan. Para santri dapat belajar dengan konsentrasi tinggi, tidak terganggu oleh kotoran atau kekacauan. Mereka merasa nyaman dan bersyukur memiliki lingkungan yang rapi, indah, dan penuh kedamaian.

Baca Juga:  Silaturahmi dan Ta'aruf Antara Majlis Dikdasmen dan PNF PDM Purbalingga Bersama FKKSM SMP/MTs Se Purbalingga

Kebersihan yang dijunjung tinggi tidak hanya menjadikan pondok pesantren itu sebagai tempat pendidikan, tetapi juga sebagai tempat yang mendidik hati dan jiwa para santri, mempersiapkan mereka untuk menjadi insan yang baik, peduli, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan serta ciptaan Allah SWT.

Kontributor: Wasis Aman
MudabanggaNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *